LENGKAP !!! Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 - Jawaban Tematik Terbaru -->

LENGKAP !!! Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 51, Halaman 53, Halaman 54, Halaman 55, Halaman 56, - pada kunci jawaban ini kakak akan membagikan tentang Subtema 2: Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan. pada kelas 5 sd/mi kurikulum 2013 revisi 2017 ini lengkap dengan pembahasan didalamnya. mari kita tingkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan untuk mencerdaskan dunia pendidikan indonesia.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 www.simplenews.me

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 ini terdiri dari beberapa halaman yaitu halaman 51 53 54 55 56 yang dapat kamu akses pada daftar isi dibawah. pada artikel ini kita melanjutkan pembahasan pembelajaran 6 kelas 5 subtema 1 pada artikel sebelumnya. kakak menggunakan sumber buku siswa Kelas 5 Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan kurikulum 2013 sd semester 1 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sediakan.

adik adik kakak ataupun teman teman pembaca bisa membagikan halaman ini atau menyimpan halaman simplenews.me. jangan sampai adik adik dan pembaca ketinggalan kunci jawaban selanjutnya ya.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1

    Daftar Isi :
  1. Kunci Jawaban Kelas 5 Halaman 51
  2. Kunci Jawaban Kelas 5 Halaman 52
  3. Kunci Jawaban Kelas 5 Halaman 54
  4. Kunci Jawaban Kelas 5 Halaman 55
  5. Kunci Jawaban Kelas 5 Halaman 56

Kunci Jawaban Kelas 5 Halaman 51


 Siti, Dayu, dan Edo berjalan bersama sepulang sekolah www.simplenews.me

Siang itu, Siti, Dayu, dan Edo berjalan bersama sepulang sekolah. Mereka berjalan sepanjang tepi jalan raya. Tiba-tiba sebuah mobil melewati mereka. Mobil itu mengeluarkan asap tebal dan hitam. Udara di sekitarnya pun langsung berwarna kelabu. Dayu jadi terbatuk-batuk. Siti dan Edo segera menutup mulut dan hidung mereka. 

“Kita berhenti dulu sebentar, teman-teman. Uhuk... uhuk...”, pinta Dayu kepada Siti dan Edo. 

“Baiklah. Kita berteduh di bawah pohon rindang itu saja,” ajak Siti. Dayu, Siti, dan Edo lalu berjalan menuju pohon rindang. Mereka berhenti sejenak di bawah kerimbunan daun pohon itu. Dayu menengadahkan kepalanya, lalu menghirup napas. 

“Aaah... Segarnya udara di bawah pohon ini. Aku tidak batuk-batuk lagi,” kata Dayu.


1. Mengapa Dayu batuk-batuk? 

Jawaban :

Dayu terbaruk-batuk karena menghirup udara kotor saat mobil melewati mereka. Mobil itu mengeluarkan asap dan hitam.

2. Mengapa kita merasa nyaman saat berada di bawah pohon rindang? 

Diskusikan jawaban kedua pertanyaan di atas bersama teman-teman sekelasmu.

Jawaban :

Berdiskusi www.simplenews.me

Karna pohon adalah penghasil oksigen. tetapi jika kita berada di bawah pohon pada malam hari. malah akan membuat kita susah bernapas, karna pada malam hari pohon tidak menghasilkan oksigen tetapi mengeluarkan karbon dioksida

Kunci Jawaban kelas 5 Halaman 53


Dayu batuk-batuk saat menghirup udara bercampur asap kendaraan bermotor. Sebaliknya, saat menghirup udara di bawah pohon rindang, Dayu merasa nyaman. Udara di bawah pohon rindang terasa segar. Sedangkan asap kendaraan bermotor menjadikan udara kotor. Udara kotor menyebabkan gangguan pernapasan.

Apa saja penyebab terjadinya gangguan pernapasan? Berikut faktorfaktor penyebab gangguan pernapasan.

1. Faktor Fisik


Adanya kelainan pada organ pernapasan dapat menyebabkan gangguan pernapasan. Misalnya pada bayi terlahir dini (prematur) organ pernapasannya mungkin belum sempurna sehingga memerlukan alat bantu pernapasan.

2. Faktor Penyakit

Faktor Penyakit www.simplenews.me

Banyak penyakit menyebabkan gangguan pada pernapasan. Misalnya influenza, asma, bronkitis, emfisema, dan kanker paruparu.

3. Faktor Lingkungan

Faktor Lingkungan www.simplenews.me

Kita bernapas untuk menghirup oksigen. Lingkungan kotor, asap kendaraan, asap pabrik, dan asap rokok mencemari udara. Udara tercemar menyebabkan ketersediaan oksigen menipis sehingga kita merasa sesak saat bernapas.

Kamu telah mengetahui berbagai penyebab gangguan pada pernapasan manusia. Lakukan kegiatan berikut bersama teman kelompokmu.

Buatlah bagan/diagram/model tentang penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia. Kemudian, ceritakan bagan/diagram/ model tersebut di depan kelas.

Jawaban :

diagram gangguan pada alat pernapasan manusia www.simplenews.me


Kunci Jawaban Kelas 5 Halaman 54


Kuldesak Lantaran Jerebu

Aroma sangit asap dari lahan yang terbakar menusuk hidung warga Pekanbaru, Riau. Pada Selasa pekan lalu, seantero kota diselimuti kabut. Jalanan lengang dan pagi itu meredup lantaran sinar matahari tersaput asap. Kebanyakan penduduk memilih tinggal di rumah. Meski begitu, asap tetap masuk lewat ventilasi.

“Tak ada lagi tempat berlindung. Di rumah saja sudah tak aman,” ujar Asep Dadan Muhanda kepada Tempo.

Khawatir terhadap kesehatan dua anaknya yang masih kecil, pria 34 tahun itu memboyong keluarganya ke luar kota. Dari rumahnya di Kecamatan Tampan, Asep mengungsi ke tempat sanaknya di Kota Bukittinggi. Apalagi sekolah dasar anak sulungnya diliburkan hingga waktu yang tak pasti. Hampir semua sekolah di Pekanbaru telah diliburkan sejak awal September lalu.

Langkah meninggalkan Riau untuk sementara waktu memang tepat. Menurut pantauan satelit Terra dan Aqua milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), angin membawa asap kebakaran lahan dari Sumatra Selatan dan Jambi ke Riau. Itu berarti asap akan terus menumpuk di Riau jika tidak ada penanganan.

Asap pembakaran jelas berbahaya karena mengandung partikel kimia yang tak cocok bagi tubuh manusia. Ada partikel kasatmata dan partikel tak kasatmata. Partikel kasatmata berupa debu. Partikel tak kasatmata berupa sulfur dioksida, karbon monoksida, nitrogen dioksida, dan ozon. Jika seluruh partikel melebihi 350 part per million (ppm), akan timbul penyakit.

Indeks pencemaran udara di Riau mencapai level 710 ppm. Ini berarti petaka bagi penduduk. Terbukti, jumlah pengidap gangguan pernapasan tinggi. Dinas Kesehatan mencatat ada 26 ribu lebih pengidap infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), 3.000 lebih penderita iritasi mata dan kulit, 1.200 penderita asma, serta 500 pengidap pneumonia.

Sumber: Majalah Tempo edisi 21–27 September 2015.

Dari bacaan “Kuldesak Lantaran Jerebu” di atas, buatlah pertanyaan dengan kata tanya apa, siapa, di mana, bagaimana, dan mengapa. Kemudian tuliskan jawaban dari pertanyaan tersebut. Tulislah dalam bentuk tabel seperti contoh berikut

Jawaban :

Kata Tanya Apa siapa cerita Kuldesak Lantaran Jerebu www.simplenews.me
1. Apa  
Apa penyebab kabut asap di Riau? Jawaban : Penyebab kabut asap di Riau adalah kebakaran hutan. 
Apa penyebab Asep Dadan Muhanda memboyong keluarganya ke luar kota? Jawaban : Asep Dadan Muhanda memboyong keluarganya ke luar kota karena Khawatir terhadap kesehatan dua anaknya. 
Apa nama satelit milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA)? Jawaban : Satelit milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) bernama satelit Terra dan Aqua. 
Apa yang membawa asap kebakaran lahan dari Sumatra Selatan dan Jambi ke Riau? Jawaban : Angin membawa asap kebakaran lahan dari Sumatra Selatan dan Jambi ke Riau. 
Apa nama partikel kimia yang terdapat dalam asap pembakaran? Jawaban : Nama partikel kimia yang terdapat dalam asap pembakaran adalah debu dan karbondioksida.
2. SIAPA
Di mana Di mana kebakaran hutan terjadi? Jawaban : Kebakaran hutan terjadi di Sumatra Selatan dan Jambi. 
Di mana rumah Asep Dadan Muhanda? Jawaban : Rumah Asep Dadan Muhanda terletak di Kecamatan Tampan. 
Di mana kebanyakan penduduk memilih tinggal saat terjadi kabut asap? Jawaban : Kebanyakan penduduk memilih tinggal di rumah saat terjadi kabut asap. 
Di mana hampir semua sekolah telah diliburkan sejak awal September? Jawaban : Hampir semua sekolah di Pkanbaru telah diliburkan sejak awal September. 
Di mana asap akan terus menumpuk jika tidak ada penanganan ? Jawaban : Asap akan terus menumpuk di Riau jika tidak ada penanganan.


Kunci Jawaban Kelas 5 Halaman 55


Jawaban Lajutan 

Kata Tanya dimana mengapa bagaimana cerita Kuldesak Lantaran Jerebu www.simplenews.me



Keterangan : 
Kata Tanya DI MANA 
Di mana kebakaran hutan terjadi? Kebakaran hutan terjadi di Sumatra Selatan dan Jambi.  
Di mana rumah Asep Dadan Muhanda? Rumah Asep Dadan Muhanda terletak di Kecamatan Tampan.  
Di mana kebanyakan penduduk memilih tinggal saat terjadi kabut asap? Kebanyakan penduduk memilih tinggal di rumah saat terjadi kabut asap.  
Di mana hampir semua sekolah telah diliburkan sejak awal September? Hampir semua sekolah di Pkanbaru telah diliburkan sejak awal September.  
Di mana asap akan terus menumpuk jika tidak ada penanganan ? Asap akan terus menumpuk di Riau jika tidak ada penanganan. 
Kata Tanya Mengapa  
Mengapa langkah meninggalkan Riau sementara waktu dianggap tepat? Langkah meninggalkan Riau sementara waktu dianggap tepat karena angin membawa asap kebakaran dari Sumatra Selatan dan Jambi ke Riau.  
Mengapa asap pembakaran berbahaya? Asap pembakaran jelas berbahaya karena mengandung partikel kimia yang tak cocok bagi tubuh manusia. Mengapa di Riau jumlah pengidap gangguan pernapasan tinggi? Di Riau jumlah pengidap gangguan pernapasan tinggi karena indeks pencemaran udara di Riau mencapai level 710 ppm.  
Mengapa Asep Dadan Muhanda mengungsi? Asep Dadan Muhanda mengungsi? mengungsi karena khawatir terhadap kesehatan dua anaknya yang masih kecil Mengapa jalanan lengang dan pagi itu meredup ? Jalanan lengang dan pagi itu meredup lantaran sinar matahari tersaput asap. 
Kata Tanya  BAGAIMANA 
Bagaimana upaya penduduk Riau menyelamatkan diri dari bahaya asap? Sebagian penduduk Riau ke luar wilayah sementara waktu untuk menyelamatkan diri dari bahaya asap.  
Bagaimana susasana kota Pekanbaru, Riau. pada Selasa pekan lalu? Pada Selasa pekan lalu, seantero kota diselimuti kabut.  
Bagaimana caranya asap kebakaran lahan dari Sumatra Selatan dan Jambi sampai ke Riau? Asap kebakaran lahan dari Sumatra Selatan dan Jambi sampai ke Riau karena terbawa oleh angin.  
Bagaimana keadaan jalanan di Pekanbaru, Riau pagi itu? Keadaan jalanan di Pekanbaru, Riau pagi itu lengang.  
Bagaimana proses terjadinya kabut asap menurut pantauan satelit Terra dan Aqua milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA)? Menurut pantauan satelit Terra dan Aqua milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), angin membawa asap kebakaran lahan dari Sumatra Selatan dan Jambi ke Riau
 Ayo Renungkan


Kata Tanya dimana mengapa bagaimana cerita Kuldesak Lantaran JerebuMenurutmu, di tempat mana kamu akan merasakan udara yang lebih segar? Kota penuh pabrik dan kendaraan bermotor atau desa yang banyak pepohonan besar dan tanaman?

Jawaban :
Di desa yang banyak pepohonan besar dan tanaman,dikarenakan bersih udaranya belum terlalu tercemar oleh asap baik asap kendaraan maupun pabrik.
Apa alasanmu memilih jawaban di atas?

Jawaban :

Karena di Desa yg banyak pepohononan


Kunci Jawaban Kelas 5 Halaman 56


Kerjasama Dengan Orangtua

Apakah udara di lingkungan rumahmu terasa segar?

Jawaban :
Ya, karena disini masih banyak tumbuhan dan pohon pohon yang dijaga.

Jika udara lingkungan rumahmu terasa segar, apa penyebabnya?

Jawaban :


Adanya tumbuhan atau pohon2 yang menghasilkan o2 (oksigen), dan tanpa adanya polusi udara.

Jika udara lingkungan rumahmu terasa kurang segar, apa penyebabnya?

Jawaban :


karena banyaknya asap polusi pabrik, kendaraan bermotor. jadi yang harus kita lakukan adalah menanam berbagai tanaman, salah satunya adalah menanam tanaman lidah mertua.

Apa yang harus keluargamu lakukan supaya udara di lingkungan rumahmu terasa segar?

Jawaban :


1. menanam pohon yang dapat meresap udara dan memperbanyak lagi menggunakan bahan bakar anternatif 
2. membuang sampah ditempatnya 
3. menanam berbagai jenis tanaman atau bunga 
4. rajin membersihkan pekarangan rumah
Demikian Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1, semoga bermanfaat untuk para pembaca yang sudah mampir di simplenews.me.

kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa kelas 5 tema 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017 semester 1

Pencarian Terkait :


  • Kunci Jawaban Kelas 5
  • Kunci Jawaban Kelas 5 semester 1
  • Kunci Jawaban Kelas 5 sd/mi
  • Kunci Jawaban Kelas 5 kurikulum 2013
  • Kunci Jawaban Kelas 5 terbaru
  • Kunci Jawaban Tematik Kelas 5
  • Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2
  • Kunci Jawaban Kelas 5 Subtema 2
  • Kunci Jawaban Kelas 5 Pembelajaran 1
  • Kunci Jawaban Kelas 5 Halaman 51
  • Kunci Jawaban Kelas 5 Halaman 53
  • Kunci Jawaban Kelas 5 Halaman 54
  • Kunci Jawaban Kelas 5 Halaman 55
  • Kunci Jawaban Kelas 5 Halaman 56
  • Kunci Jawaban Kelas 5 Subtema 2: Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan

Baca Yuk : TEMA 5 KELAS 2 LENGKAP


39 Komentar untuk "LENGKAP !!! Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1"

  1. Dimana kata siapanya kok gak ada

    BalasHapus
  2. Kok kata siapanya kok ngak ada

    BalasHapus
  3. Mana kata siapanya kok nggak ada???

    BalasHapus
  4. Di mana kata siapa nya kok ga ada ????

    BalasHapus
  5. Iya yang kata siapa kok enggak ada ya

    BalasHapus
  6. Assalamualaikumm... kak ko kata siapa nya gk ada y?? ???

    BalasHapus
  7. Kakkkkkkk kata siapa nya kok gk adaaaaaaa????😱

    BalasHapus
  8. Kata "SIAPA" nya mana?πŸ˜ŠπŸ‘‰πŸ»πŸ‘ˆπŸ»

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata "siapa"nya mana ,kata siapa kok jadi dimanaπŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘

      Hapus
  9. kata di siapa itu, bisa juga kata dimana, kalian bebas mau di ganti kata dimana, atau kata siapa 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapikan lain kata katanya dan gak cocok kalau diganti gimana sih😠

      Hapus
    2. Dasar lo anjai πŸ–•πŸ–•πŸ–•πŸ–•πŸ€¬πŸ€¬πŸ€¬πŸ€¬

      Hapus
  10. Lo kak yg mengapa itu kok cuma 3

    BalasHapus
  11. Yg satunya itu sama lagi yg di buku paket

    BalasHapus
  12. Yg satunya itu jg sama di buku paket

    BalasHapus
  13. Kok tdk ada katatanya siapa😭😭

    BalasHapus
  14. Ini tulisannya siapa tapi kok dimana

    BalasHapus
  15. Mana yang kata siapa nya?Kok gak ada😑😠

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ad itu kata siapa ny kamuny ah yg gak bisa baca

      Hapus
  16. Gobl** kok ngga ada siapa sih anj***

    BalasHapus
  17. Kok ga ada kata "SIAPA"😭😭 dimaana

    BalasHapus
  18. siapa nya ko jadi dimana sih

    BalasHapus
  19. Ada bro... coba lu liat baik baik ada kata SIAPA nya ada oncom... mata lu pada buta ya...πŸ€”πŸ€”πŸ€”πŸ€¨πŸ€¨πŸ€¨

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huuuu.... guoblok gak ada😑😑😑🀬

      Hapus
    2. Ehhhh.... gak usah ngebacot lu anying

      Hapus
  20. Wkwkwkwkkwkwkkwkehjfjdnebnd xbxbdoyghebw d dx x jzss

    BalasHapus
  21. Kok gak ada kata siapa nya ya πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ€¬πŸ€¬πŸ€¬πŸ–•πŸ–•πŸ–•πŸ–•πŸ–•πŸ–•πŸ–•

    BalasHapus
  22. Kok gak ada kata siapa nya ya kak 😬😬

    BalasHapus

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

PEMBERITAHUAN :
soal di Artikel di website ini berasal dari referesi buku tematik siswa sd/mi 2013 semester 1 dan 2. jawaban hasil referensi berbagai sumber dan rangkuman pribadi. jika ada masalah terkait hal ini anda bisa hubungi admin melalui KONTAK
Jangan Lupa Ikuti fanspage kami di KUNCI JAWABAN TEMATIK TERBARU
Gabung di channel telegram kami diSIMPLENEWS.ME bagi yang ingin mengambil gambar atau kunci jawaban untuk jadikan bahan referensi di perbolehkan, asalkan jika di bagikan di situsnya sertakan sumbernya ya kak. belajar untuk saling menghargai karya oranglain, Terimakasih .