Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 3 - Jawaban Tematik Terbaru

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 3 halaman 139, 142, 145, 146 - hallo adik adik balik lagi di simplenews dengan berita pendidikan, kunci jawaban tematik terbaru, simple jelas dan bermutu. pada artikel ini kita akan memasuki pembelajaran 3.

Kelas 5 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 3


pada Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3 ini akan membahas halaman 139, 142, 145, 146. nah, buat adik adik yang ingin tau bagaimana isinya mari simak dibawah ini.


    Daftar Isi :
  1. Jawaban Halaman 139
  2. Jawaban Halaman 142
  3. Jawaban Halaman 145-146

Jawaban Halaman 139


Ayo Mengamati

Perhatikan iklan yang dilihat Edo pada koran!

iklan yang dilihat Edo pada koran


Setelah mengamati, coba kamu jelaskan tentang isi iklan tersebut. Uraikan dalam kolom berikut.

Jawab :

Isi iklan di atas :

Iklan tersebut berisi tentang penawaran sebuah produk pasta gigi bermerk “Gigident”. Pasta gigi tersebut berfungsi mengurangi rasa ngilu pada gigi hanya dalam selang waktu 30 menit setelah pemakaian selain itu jugA membersihkan karang GIGI . Pasta gigi tersebut juga melindungi gigi agar bebas dari rasa ngilu lebih lama. ada bonus sikat gigi sebagai pelengkapnya

Jawaban Halaman 142

Ayo Berlatih

Amatilah iklan yang terdapat dalam sebuah majalah berikut ini.

iklan yang terdapat dalam sebuah majalah

Jenis iklan apakah pada gambar di atas? Apa informasi penting dalam iklan
tersebut? Tuliskan pada kolom berikut.

Jawab:

Iklan tersebut termasuk iklan layanan masyarakat. Informasi-informasi penting yang terdapat dalam iklan diantaranya. Mengajak masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Masyarakat juga dihimbau untuk hindari sesuatu yang dapat menimbulkan hilangnya rasa persatuan dan kesatuan.

tambahan :

Iklan di atas, memberitahukan kepada masyarakat bahwa menjagapersatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting bagi keberlanjutan pembangunan. Oleh karena itu, hindari perbuatan yang
dapat menimbulkan hilangnya rasa persatuan dan kesatuan. Dalam kehidupan sehari-hari terapkan sikap dan perilaku untuk saling toleransi antarsesama, saling menghargai, tidak menang sendiri, menghormati orang lain, dan selalu rukun.

Coba bayangkan, apa yang akan terjadi jika tidak ada persatuan dan kesatuan dalam masyarakat? Tentu akan terjadi perpecahan yang menyebabkan kehidupan terganggu dan tidak nyaman.

Jawaban Halaman 145-156

Ayo Berlatih

1. Indonesia sebagai sebuah bangsa yang kaya akan ras, suku, dan budaya memiliki konteks persatuan bangsa. Jelaskan makna persatuan tersebut.

Jawab : 

Persatuan dan kesatuan merupakan senjata yang paling ampuh bagi bangsa Indonesia baik dalam rangka merebut, mempertahankan maupun mengisi kemerdekaan. Persatuan mengandung arti “bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam seperti ras, suku, dan budaya menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.” Persatuan Indonesia berarti persatuan bangsa yang mendiami wilayah Indonesia.

2. Sebutkan akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan keluarga.

Jawab :

1.) Terjadi pertengkaran di dalam keluarga.
2.) Kurangnya kerukunan di dalam keluarga.
3.) Kurangnya keakraban di dalam keluarga.


3. Sebutkan akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan
dan kesatuan dalam lingkungan sekolah.

Jawab :

a.) Sombong dan tidak peduli dengan sesama teman.
b.) Membeda-bedakan teman.
c.) Mengolok-olok teman.
d.) Terjadi tawuran

4. Sebutkan akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan
dan kesatuan dalam lingkungan masyarakat.

Jawab :

1. Tidak adanya kepedulian terhadap penderitaan yang dialami oleh orang lain.
2. Kepentingan golongan maupun suku masing-masing lebih diutamakan oleh masyarakat
3. Tidak adanya kerja sama yang terjalin antarwarga masyarakat

5. Sebutkan akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkup negara.

Jawab : 

A.Hilangnya tenggang rasa dan toleransi dalam bermasyarakat.
B. Perpecahan bangsa.
C. Melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa.




3 Komentar untuk "Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 3"

  1. ko banyak yg gk lengkap sih
    beda sama blogspot.com sih

    BalasHapus
  2. Mohon maaf kok halaman 136 dan 137 gak ada ? Jangan gitu dong kamu kan niatnya mau bantuin kan?😊aku soalnya mau nyari nih pr numpuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. HeheπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

PEMBERITAHUAN :
soal di Artikel di website ini berasal dari referesi buku tematik siswa sd/mi 2013 semester 1 dan 2. jawaban hasil referensi berbagai sumber dan rangkuman pribadi. jika ada masalah terkait hal ini anda bisa hubungi admin melalui KONTAK
Jangan Lupa Ikuti fanspage kami di KUNCI JAWABAN TEMATIK TERBARU
Gabung di channel telegram kami diSIMPLENEWS.ME bagi yang ingin mengambil gambar atau kunci jawaban untuk jadikan bahan referensi boleh, asalkan jika di share di blognya sertakan sumbernya. belajar untuk saling menghargai karya oranglain.